Category Archives: Uncategorized

Perjalanan ke Morotai (Saksi Sejarah RI)

Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahi & Jangan Pernah Takut Melangkah , hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan & menyatu dengannya.

Penempatan kerja (kimia farma) membuat langkah saya menginjakkan kaki di Pulau Morotai, salah satu spot wisata terbaik Indonesia. Dari tempat saya bekerja sekarang di Unit Ternate harus menempuh jarak yang cukup panjang untuk sampai ke morotai. Coba liat peta google berikut :

image

Asal usul Nama Morotai?

Menurut penduduk setempat, Morotai berasal dari kata Morotia yang artinya tempat tinggal orang-orang moro. Orang moro adalah manusia misterius atau orang hilang yang sulit dilihat dengan mata biasa, namun memiliki kebudayaan sebagai kelompok manusia biasa. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa, terjadi perubahan pengucapan oleh orang Amerika saat itu dari kata Morotia (Moro Perempuan) diucap oleh orang Amerika menjadi “Morotai”. Sehingga mempengaruhi masyarakat pribumi dalam pengucapan kata Morotia menjadi Morotai. Dan karna itu sampai sekarang nama Morotai yang dipakai untuk menyebut nama pulau yang terletak di bibir pasifik ini.

Pada waktu itu tanggal 23 Oktober 2015, saya bersama teman kerja berangkat ke Morotai menggunakan kapal ferry. Kami berangkat pukul 10 malam. Berikut suasana di kapal kami :

image

image

Setelah menempuh perjalanan selama 8 jam, akhirnya kami sampai di Pelabuhan Morotai pada Jam 06.00 Pagi. Kami pun langsung bergegas di Resort Kami. Nah, setelah sampai di resort saya pun langsung takjub dengan keindahan alam sekitar resort.

image

image

Setelah itu, kami menuju Monumen Trikora. Monumen ini menjadi saksi pembebasan Irian Barat pada tahun 1960-1963. Pada waktu itu morotai dijadikan sebagai pangkalan militer untuk melawan penjajah. Sayangnya, pada saat kami kunjungi monumen trikora sudah tidak terurus padahal baru diperbaharui tahun 2010.

image

Kemudian kami lanjut perjalanan ke salah satu spot yang memiliki pemandangan yang indah Tanjung Gorango. Untuk ke sana kami harus menempuh jarak perjalanan 2 jam. Setelah sampai kami pun takjub dengan keindahan Pantai nya.

image

image

Nah, setelah puas kami langsung balik kembali ke resort untuk beristirahat.

Esok harinya, kami lanjut perjalanan ke pusat wisata sejarah di morotai Yakni Museum Perang Dunia II. Begini kira proses pemilihan morotai sebagai pangkalan sekutu waktu itu :

Pada bulan Juli 1944, Jenderal Douglas MacArthur, komandan South West Pacific Area, memilih Morotai sebagai lokasi untuk pangkalan udara dan fasilitas angkatan laut yang diperlukan untuk mendukung pembebasanMindanao, yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 15 November. Karena Morotai belum berkembang, Morotai lebih dipilih daripada Halmahera yang karena wilayahnya yang lebih besar dan posisi pulau yang lebih dapat dipertahankan secara signifikan dinilai terlalu sulit untuk diamankan. Pendudukan Morotai ditetapkan sebagai Operasi Tradewind. Pendaratan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15 September 1944, hari yang sama dengan pendaratan Divisi Marinir ke-1 di Peleliu. Jadwal ini memungkinkan bagian utama dari Armada Pasifik Amerika Serikat untuk secara bersamaan melindungi operasi dari potensi serangan balik Jepang.

image

Sehabis dari tempat ini, kami lanjutkan ke Pulau Dodola. Namun sayang cuaca lagi tidak bersahabat, jadi kami hanya singgah sebentar untuk berfoto-foto.

image

image

Semoga teman-teman juga bisa ke morotai yang menjadi destinasi wisata sejarah & pantai yang indah.

Advertisements

Explore Raja Ampat

“Aku Tidak Ingin Kaya, Aku Hanya Ingin Hidup Melihat Banyak Tempat. Aku Ingin Seribu Satu Kehidupan” (quotes)

Saya sangat bersyukur bisa berkesempatan untuk menginjakkan kaki ke Salah satu destinasi wisata terbaik di dunia yakni Raja Ampat. Jika mendengar kata Raja Ampat maka kita pasti langsung membayangkan keindahan bawah laut dan hamparan Batu Karang yang terjal.

Untuk sampai ke Raja Ampat kami lewat Jalur Ternate-Sofifi-Weda-Pulau Gebe-Raja Ampat. Perjalanan Ternate ditempuh dengan Kapal Cepat Selama 1 jam, Sofifi-Weda dengan Mobil selama 2 jam, Weda Pulau Gebe dengan kapal cepat selama 5,5 jam, Dan Weda – Wayag (Raja ampat) dengan kapal cepat 2,5 jam.

image

Untuk jalan-jalan ini sebaiknya rame-rame biar biaya berangkat nya lebih murah. Karena kami untuk berangkat ini menyewa Kapal dari Weda seharga 25 Juta untuk dipakai selama di Raja Ampat sampai pulang lagi ke weda.Harga yang cukup mahal kan, hehehehe.

image

Kami berangkat dari Weda ke Pulau Gebe pukul 06.00 pagi via Kapal Motor selama 5,5 jam. Kemudian setelah sampai di Pulau Gebe kami langsung ke Home Stay untuk menikmati Keindahan Pulau Gebe. Untuk Home Stay Harga cukup Terjangkau yakni 200 ribu per malam.

image

Esok harinya, kami berangkat Ke Wayag pukul 06.00 pagi via kapal motor selama 2,5 jam. Setelah sampai ke Wayag kami langsung ke Pos Untuk melapor kehadiran kami dan bertemu dengan Guide. Adapun Guide kami membayar 400 ribu/hari. Nah pas sampai di pos kami langsung takjub karena kami bertemu dengan Hiu yang terlihat di pesisir pantai. Kami langsung lompat untuk berenang.

image

image

Kemudian kami melanjutkan ke Spot Lagoon untuk berfoto dengan latar Batu Karang. Untuk bisa ke spot kami pun harus memanjat melewati jalan yang cukup terjal dan cukup tajam. Maka saya sarankan untuk pakai celana yang ringan.

image

Setelah sampai ke atas,saya pun takjub dengan keindahan gugusan batu karang. Sungguh indah ciptaan Mu .

image

Setelah cukup puas di atas kami pun sempatkan singgah di pulau seberang untuk makan siang. Setelah makan siang kami lanjut ke resort untuk istirahat. Adapun jalan resort menempuh waktu 1,5 jam. Resort kami sewa Selama 2 malam dengan harga 5 juta/Malam dan sudah include makanan kami untuk 10 orang.

Esok harinya pun pukul 07.00 pagi kami melanjutkan perjalanan ke salah satu spot buat foto gugusan karang yakni Criss Point.

image

image

Untuk bisa sampai ke atas pun kami harus naik lagi. Dibandingkan kemarin, kali ini jalan yang kami masih cukup mudah untuk dilewati. Setelah sampai ke atas kami pun langsung berfoto ria.

image

image

Setelah puas, kami pun turun kemudian melanjutkan perjalanan ke spot Hiu untuk berenang lagi dan makan siang.

image

Setelah itu, sore harinya kami pulang ke Resort untuk beristirahat. Kami pun balik esok harinya pada pukul 03.00 pagi. Saya pun telah ke raja ampat, walaupun masih ada spot yang belum sempat kami explore.semoga suatu saat nanti bisa lagi berkesempatan datang ke Pulau Ini.

Sampai Jumpa Lagi di Trip berikutnya

Penempatan kerja PT. Kimia Farma

Alhamdulillah senantiasa saya panjatkan kepada Allah Swt yang senantiasa memberikan nikmat kepada hambanya. Salah satu nikmat yang saya rasakan saat ini adalah saya mendapatkan penempatan di Apotek Kimia farma pelayanan RS Tidore, Provinsi Maluku utara. Namun, untuk sementara ini saya bekerja di RS Kandou Manado. Suatu nikmat juga bagi saya bisa menginjakkan kaki di kota Manado untuk satu atau dua bulan ini sebelum ke Tidore.

Happy new year 2014

Happy new year 2014 yah teman-teman pembaca blog saya. Semoga di tahun baru ini segala yang dicita-citakan akan tercapai dan semakin gemilang.
Berbicara mengenai cita-cita, alhamdulillah awal tahun ini saya mulai berkarir di salah satu BUMN yaitu PT. Kimia Farma (Persero), Tbk. Ya jika tahun-tahun lalu masih berjuang untuk menggapai titel Sarjana farmasi dan apoteker, ya tahun ini adalah tahun kerja bagi saya. Semoga teman-teman juga mulai menetapkan apa yang akan digapai tahun depan.
Sekali lagi happy new year 2014

Mengenal Farmasi Lebih Dekat

 Farmasi dapat didefinisikan dengan kata medicine tapi bukan dengan kata drugist. Bila medicine ini bermakna positif untuk menyembuhkan dan menambah taraf kesehatan pasien, sedangkan drugist bermakna negatif yakni penyalahgunaan obat-obatn seperti : narkotik dan obat-obatan terlarang.

 Farmasi dapat diartikan sebagai suatu tempat, profesi, dan kadang-kadang bisnis. Bila diartikan sebagai tempat maka dapat dikatakan bila farmasi merupakan tempat dispensing obat dan pelayanan resep pasien. Kita biasanya akrab dengan tempat-tempat terkait dengan obat-obatan seperti : Apotek, Drugstore, Rumah sakit, dan Puskesmas. Selayaknya ditempat seperti apotek harus ada farmasis yang bekerja.

 Sebagai profesi, farmasi dikenal dengan naman “Apoteker”, seorang apoteker diharapkan tidak melegal-kan penyalahgunan obat, dengan jalan tidak menerima resep ilegal dan mengontrol peredaran obat narkotik. Farmasi bekerja sesuai dengan kode etik profesi Apoteker dan harus mematuhi aturan-aturan dalam profesi kefarmasian (Apoteker). Seorang apoteker selayaknya dapat memberikan pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care) kepada pasien dan fokus kepada kesembuhan pasien. Seorang apoteker selayaknya juga bergabung dalam organisasi profesi seperti : Ikatan Apoteker Indonesia (IAI)

Namun ketika berbicara bisnis, farmasi dapat juga dalam bentuk drugstore yang menjual kosmetik atau obat OTC (over the counter), serta dapat juga barang-barang tertentu seperti : minuman, makanan, dan majalah. Farmasi yang berada pada bidang ini bisa disebut pharmacy manager. Ada dua goal penting yang ingin dicapai oleh seorang pharmacy manager, yakni care dengan pasien dan mencapai target (omzet) penjualan. Seorang pharmacy manager harus mengerti hal ini dan melakukannya dengan sebaik mungkin.

Jika kalian telah terjun ke dunia farmasi, maka banggalah kalian. Kalian telah berada pada jalur yang benar. Ayo kita kembangkan dunia kita ini !

 

Diklat PT. Kimia Farma (Persero), Tbk

pesertaFoto di atas menggambarkan peserta Diklat S1 & Profesi PT. Kimia Farma yang insyaAllah akan berlangsung 29 September-29 November 2013. Dari beberapa teman yang beruntung, saya juga masuk di dalamnya. Walaupun saya masih terbilang Fresh graduate, tetap saja saya bisa bergabung di dalamnya. Beruntung dan saya sangat bersyukur.

 

Catatan PKL Industri (Late Post)..hehehe

Inilah awal cerita saya yang akhirnya beruntung mendapatkan kesempatan untuk mengikuti PKL (Praktek Kerja Lapangan) industri di PT. Meiji Indonesia yang berlokasi Desa Mojoparon, Kab. Bangil, Jawa Timur.

Yah kenapa beruntung ? Karena awalnya memang Jadwal PKL yang sepertinya tidak memungkinkan bagi saya untuk mengikutinya karen masih bertabrakan dengan PKP Rumah sakit yang belum selesai waktu itu. Alhasil pun, setelah melalui proses panjang pihak PT. Meiji bersiap menerima kami pada tanggal 3 Juni-3 Juli 2013.

Saya pun memutuskan berangkat lebih awal, selain ingin melapor plus ingin juga jalan-jalan.

Akhirnya saya berangkat pada tanggal 25 Mei 2013……zzzztt akhirnya saya sampe Juga Di Bandara Juanda (Pertama Kalinya Buat saya melihat Bandara..hihihi :D)

Yah saya sempat-sempatin jalan-jalan ke Yogyakarta Waktu itu selama 2 hari..Enaaakk Yahh ..Ini nih foto waktu di Candi Prambanan

Gambar

Terus lanjut lagi ke Candi Borobudur ..Gambar

Selain itu juga jalan-jalan Ke Malioboro nggak dilupain dong buat beli ole-ole..

Yaa akhirny setelah Liburan……zzzztt,,,masuk juga deh PKL industri tagl 3 Juni-3 Juli 2013

Ini dia nih foto2 selama kegiatan PKL..

Gambar

Gambar

Gambar

Bangga deh Pokoknya bisa Meraskan gimana atmosfer kerja di Industri..apalagi Meiji yang merupakan perusahaan asing yang sangat ketat dalam menerapkan aturan..

nah,,setelah PKL selsai nih,,lburan lagii deh…Kali ini Tujuannya Bali (sumpah keren banget Bali,,pengen lagi ke sana..)

Ini nih foto-fotonya..

GambarGambar

Gambar

Akhirnya kesampean Juga Deh PKL plus jalan-jalan….Wassalam

Dosis (Takaran Obat)

DOSIS

Dosis merupakan banyaknya obat yang dapat dipergunakan atau diberikan kepada seorang penderita baik untuk obat dalam maupun luar. Kecuali dinyatakan lain, dosis merupakan dosis maksimum dewasa untuk pemakaian melalui mulut, injeksi subkutan, dan rektal.

Ada yang dikenal dengan dosis maksimum (DM) dan ada juga dosis lazim (DL). DM merupakan dosis pemakaian sekali ataupun sehari. Untuk pemberian obat melebihi batas DM itu harus dibubuhi tanda seru, paraf dokter, ataupun digarisbawahi nama obat tersebut. Sedangkan DL merupakan petunjuk yang tidak mengikat tapi digunakan sebagai pedoman umum. Misalnya, Obat CTM (4mg/tablet) dengan DM 40 mg/ hari dan DL 6-16 mg/hari, bila seseorang makan 3 kali sehari 2 tablet, berarti DM belum melampaui. Tapi ini dianggap tidak lazim karena hanya dengan makan 3 kali 1 tablet sehari sudah mencapai efek terapi yang normal.

Macam- macam dosis

  1. Dosis terapi : takaran obat yang diberikan dalam keadaan  bisa dan dapat menyembuhkan penderita.
  2. Dosis minimum : takaran obat terkecil yang diberikan yang masih dapat menyembuhkan dan tidak menimbulkan resistensi.
  3. Dosis maksimum : takaran obat terbesar yang diberikan yang masih dapat menyembuhkan dan tidak menimbulkan keracunan.
  4.  Dosis toksik : takaran obat yang diberikan dalam keadaan  bisa yang dapat menyebabkan keracunan penderita.
  5. Dosis letalis : takaran obat yang diberikan dalam keadaan  bisa yang dapat menyebabkan kematian pada penderita.

Perhitungan dosis

  1. Berdasarkan umur

      Rumus Young (untuk anak < 8 th)

–        Dosis = n(tahun)/n(tahun) +12 X dosis dewasa

      Rumrs Fried

–        Dosis = n(bulan)/150 X dosis dewasa

      Rumus Gaubius (pecahan X dosis dwasa)

–        0-1th = 1/12 X dosis dws

–        1-2th = 1/8 X dosisi dws

–        2-3th = 1/6 dosis dws

–        3-4th = 1/4 X doisis dws

–        4-7th = 1/3 X dosis dws

–        7-14th = 1/2 X dosis dws

–        14-20 = 2/3 X doisis dws

–        21-60th = dosis dws

–        Rumus Bastedo

–        Dosis = n(tahun)/30 X doisis dewasa

      Rumus Dilling

–        Dosis = n(tahun)/20 X dosis dewasa

      Rumus Cowling

–        Dosis = n(tahun)/24 X dosis dewasa

–        N = umur dalam satuan tahun yang digenapkan keatas. Misal pasien 1 tahun 1 bulan dihitung 2 tahun.

  1. Berdasarkan berat badan

      Rumus Clark (Amerika)

–        Dosis = bobot badan (pon)/150 X dosis dws

      Rumus Thremich-Fier (Jerman)

–        Dosis = bobot badan anak (kg)/70 X dosis dws

      Rumus Black (Belanda)

–        Dosis = bobot badan anak (kg)/62 X doisis dws

      Rumus Junkker & Glaubius (paduan umur dan bobot badan)

–        Dosis = % X doisi dws

  1. Berdasarkan luas permukaan tubuh

      Farmakologi

–        Dosis = luas permukaan tubuh anak/1,75 X dosis dewasa

      Rumus Catzel

–        Dosis = luas permukaan tubuh anak/luas permukaan tubuh dewasa X 100 X dosis dewasa

  1. Berdasarkan Jam pemakaian

      FI Satu hari dihitung 24 jam sehingga untuk pemakaian sehari dihitung:

–        Dosis = 24/n X

–        N = selang waktu pemberian

–        Tiap 3 jam = 24/3 X = 8 X sehari semalam:

      Menurut Va Duin: pemakaian sehari dihitung 16 jam, kecuali antibiotik sehari dihitung 24 jam

–        16/3 +1X = 5,3 + 1 = 6,3 dibulatkan 7 X

Kenali obat anda : Metformin

Metformin tersedia dalam metformin HCl dosis sejumlah 500 mg. Metformin merupakan obat derivat senyawa biguanid yang merupakan obat anti diabetik oral. Lebih dari 40 tahun yang lalu berbagai derivat biguanid (misalnya metformin, phenformin, buformin) digunakan dalam berbagai negara untuk pengobatan diabetes tipe 2. Semuanya kecuali metformin telah dihapus dari pasar internasional di tahun 1970 karena terkait resiko tingkat asidosis laktat.

Gambar
Derivat biguanid mempunyai mekanisme kerja yang berbeda dengan obat derivate sulfonylurea, obat-obat tersebut tidak bekerja dalam perangsangan pelepasan insulin tapi langsung pada organ target.
Mekanisme metformin berupa efek antihyperglikemik masih belum sepenuhnya jelas, namun dapat dimediasi oleh aktivasi hati dan otot adenosin monophosphateactivated protein kinase, yang merupakan regulator utama metabolisme lipid dan glukosa.
Metformin memperbaiki kadar glukosa puasa dan postprandial selama toleransi pengujian glukosa oral, sedangkan respon insulin plasma menjadi glukosa tidak berubah atau mungkin akan menurun dalam pasien dengan hiperinsulinemia.
Efek utama metformin pada pasien dengan diabetes adalah untuk mengurangi produksi glukosa hepatik, terutama dengan menurunkan glukoneogenesis, tetapi mungkin juga, sebagai efek yang lebih rendah, meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot rangka.

Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah berbeda dari diabetes tipe 1 dalam arti bahwa kemudian terjadi kebanyakan di usia pertengahan yang bertentangan dengan mantan yang terjadi pada saat lahir atau di masa kecil. Selain itu, pada diabetes tipe 2 lemak, hati, dan sel-sel otot tidak merespon dengan benar terhadap insulin. Hal ini disebut resistensi insulin. Akibatnya, gula darah tidak masuk ke sel-sel yang akan disimpan untuk energy.
Meskipun ada banyak obat-obatan yang tersedia saat ini untuk pengobatan diabetes tipe 2, termasuk tipe zaman baru seperti Avandia, Amaryl, Actos, Januvia, Glucatrol, Prandia dan Starlix, metformin masih menjadi yang terbaik di antara obat-obatan untuk banyak alasan yang berbeda. Metformin telah di pasarkan selama lebih dari 15 tahun dan sekarang masih tetap menjadi salah satu obat pengobatan DM tipe 2 yang paling populer di kalangan masyarakat

Metformin HCL
Metformin HCL tidak hanya efektif dalam mengobati diabetes tipe 2 tapi tidak menyebabkan kenaikan berat badan sebagai efek samping. Obat benar-benar dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Karena sebagian besar pasien diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan dan obesitas, penurunan berat badan dengan metformin merupakan efek samping positif atau bonus tambahan dari obat ini. Untuk alasan ini, metformin kadang-kadang diresepkan untuk individu bahkan kelebihan berat badan dan obesitas untuk tidak hanya membantu mereka menurunkan berat badan tetapi juga mencegah mereka dari risiko terkena diabetes di masa depan.

DM (Diabetes Mellitus)

        Diabetes atau yang sering disebut “kencing manis” adalah penyakit yang muncul ketika terjadi gangguan dalam fungsi-fungsi tubuh yang mengatur karbohidrat, lemak, dan protein yang terkandung dalam makanan untuk  menghasilkan energi. Kurangnya jumlah hormon insulin atau kurangnya produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas menimbulkan penyakit ini. 

       Insulin mengatur jumlah gula di dalam darah. Ketidakseimbangan jumlah insulin yang diproduksi dalam tubuh dapat merangsang timbulnya diabetes mellitus. Dalam keadaan normal, kira-kira 50% glukosa yang dimakan mengalami metabolisme sempurna menjadi CO2 dan air, 5% diubah menjadi glikogen dan kira-kira 30-40% diubah menjadi lemak. Pada diabetes melitus semua proses terganggu, glukosa tidak dapat masuk kedalam sel, sehingga energi terutama diperoleh dari metabolisme protein dan lemak.

        Penurunan berat badan merupakan tindakan yang sangat penting dalam pengendalian diabetes. Usaha penurunan berat badan harus dilakukan secara intensif terlepas dari obat apa yang diberikan Penurunan berat badan merupakan tindakan yang sangat penting dalam pengendalian diabetes. 

Pembagian DM

  1. Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM) atau Diabetes Melitus tergantung Insulin disebabkan oleh destruksi sel β pulau langerhans akibat proses autoimun, biasanya didiagnosa pada anak-anak dan orang dewasa yang berusia kurang dari 30 tahun, meskipun penyakit ini dapat terjadi pada berbagai usia. Diabetes laten autoimun pada dewasa (LADA), yaitu tipe 1 onset lambat atau DM tipe 5, disebabkan karena diatbetes autoimun tipe 1 yang terjadi pada individu yang lebih tua dari usia yang umumnya. Pada tipe ini terdapat destruksi sel-sel beta pankreas sehingga tidak memproduksi insulin lagi dengan akibat sel-sel tidak bisa menyerap glukosa dari darah. Karena itu kadar glukosa darah meningkat di atas 10 mmol/L, yakni nilai ambang ginjal, sehingga glukosa berlebihan dikeluarkan lewat urin bersama banyak air (glikosuria). Dibawah kadar tersebut, glukosa ditahan oleh tubuli ginjal. Penyebabnya adalah suatu infeksi virus yang menimbulkan reaksi autoimun yang berlebihan untuk menanggulangi virus.  Akibatnya sel-sel pertahanan tubuh tidak hanya membasmi virus, melainkan juga turut merusak atau memusnahkan sel-sel Langerhans. Pada tipe ini faktor keturunan juga memegang peranan. Virus yang dicurigai adalah virus Coxsackie-B, Epstein Barr, morbilli dan virus pamtitis. 
  2. Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM) atau Diabetes Melitus tidak tergantung insulin disebabkan kegagalan relatif sel β dan resistensi insulin Lazimnya terjadi pada individu yang berusia diatas 40 tahun dengan insidensi lebih besar pada orang gemuk. DM tipe ini disebabkan oleh proses menua sehingga mengalami penyusutan sel-sel beta yang progresif serta penumpukan amiloid sekitar sel-sel beta. Sel beta yang tersisa umumnya masih aktif, tetapi sekresi insulinnya semakin berkurang. Selain itu kepekaan reseptornya semakin menurun. Hipofungsi sel-sel beta ini bersama resistensi insulin yang meningkat mengakibatkan gula darah meningkat (hiperglikemia). Resistensi insulin adalah turunnya kemampuan insulin untuk merangsang pengambilan glukosa oleh jaringan perifer dan untuk menghambat produksi glukosa oleh hati. Sel β tidak mampu mengimbangi resistensi insulin ini sepenuhnya, artinya terjadi defisiensi relative insulin. Ketidakmampuan ini terlihat dari berkurangnya sekresi insulin pada rangsangan glukosa, maupun pada rangsangan glukosa bersama bahan perangsang sekresi insulin lain.
  3. Diabetes Melitus Gestasional (DMG) Diabetes yang terjadi selama kehamilan. Umumnya, gejalanya akan sembuh dengan sendirinya setelah proses melahirkan. Terjadi sekitar 2%-5% dari semua kehamilan

Terapi

Penderita diabetes dapat mengendalikan penyakit mereka dengan :

  1. Diet. Makanan perlu dipilih secara seksama, terutama pembatasan lemak total dan lemak jenuh untuk mencapai normalisasi kadar glukosa dan lipida darah. Makanan seharusnya mengandung serat yang tinggi serta rendah lemak dan protein. Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan mineral, vitamin dan antioksidan.
  2. Frekuensi makan. Di samping diet, penting pula membagi secara merata pemasukan kalori sepanjang hari. Hal ini perlu untuk menghindari terlalu meningkatnya kadar gula darah, yang merupakan rangsangan bagi pankreas untuk mensekresi insulin.
  3. Olahraga. Olahraga dapat meningkatkan sensifitas tubuh terhadap insulin dan lebih efektif membakar glukosa.
  4. Berhenti merokok karena nikotin dapat mempengaruhi secara buruk penyerapan glukosa oleh sel.

Pengobatan Secara Farmakologi

Antidiabetik Oral

  • Sulfonilurea

Mekanisme kerja

–       Merangsang pelepasan insulin dari sel β-pankreas

–       Mengurangi kadar glukagon dalam serum

–       Meningkatkan pengikatan insulin pada jaringan target dan reseptor

Obat-obat utama yang digunakan sekarang adalah tolbutamid, dan turunan generasi kedua, gliburid dan glipizid. Diberikan per oral, obat-obat ini terikat pada protein serum, dimetabolisme oleh hati dan diekskresikan oleh hati atau ginjal. Sulfonilurea dapat menembus plasenta dan dapat mengosongkan insulin dari pankreas janin, karena itu perempuan hamil dengan NIDDM seharusnya diobati dengan insulin

  • Biguanid: Metformin

Mekanisme kerja

Biguanida berbeda dari sulfonilurea karena tidak merangsang sekresi insulin. Risiko hipoglikemia lebih kecil daripada obat-obat sulfonilurea. Metformin dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi dengan sulfonilurea. Metformin bekerja terutama dengan jalan mengurangi pengeluaran glukosa hati, sebagian besar dengan menghambat glukoneogenesis. Efek yang penting adalah kemampuannya untuk mengurangi hiperlipidemia (konsentrasi kolesterol LDL dan VLDL menurun dan kolesterol HDL meningkat)

  • Penghambat α-glukosidase

Mekanisme kerja

Dalam duodenum zat ini berkhasiat menghambat enzim glukosidase (maltase, sukrase, glikoamilase) yang perlu untuk perombakan di/polisakarida dari makanan menjadi monosakarida. Dengan demikian pembentukan dan penyerapan glukosa diperlambat, sehingga fluktuasi gula darah menjadi lebih kecil dan nilai rata-ratanya menurun. Tidak seperti obat hipoglikemik oral lainnya, zat ini tidak merangsang pelepasan insulin dari pankreas ataupun meningkatkan kerja insulin di jaringan perifer. Contoh obatnya akarbose, miglitol.

ANTIDIABETIK PARENTERAL

 Insulin

Insulin merupakan protein kecil yang mengandung dua rantai polipeptida yang dihubungkan oleh ikatan disulfida. Disintesis sebagai protein prekursor (pro-insulin) yang mengalami pemisahan proteolitik untuk membentuk insulin dan peptida C, keduanya disekresi oleh sel β-pankreas

Mekanisme Kerja Insulin Insulin yang disekresikan oleh sel-sel β pancreas akan langsung diinfusikan ke dalam hati melalui vena porta, yang kemudian akan didistribusikan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah. Efek kerja insulin yang sudah sangat dikenal adalah membantu transport glukosa dari darah ke dalam sel. Kekurangan insulin menyebabkan glukosa darah tidak dapat atau terhambat masuk ke dalam sel. Akibatnya, glukosa darah akan meningkat, dan sebaliknya sel-sel tubuh kekurangan bahan sumber energi sehingga tidak dapat memproduksi energi sebagaimana seharusnya.