Mengenal Obat Efedrin

Mengenal obat Efedrin
Tadi pagi saya mendapat pertanyaan dari kerabat ..isi pertnyaannya seperti ini :
” Apakah Efedrin itu sejenis dengan salbutamol yang berfungsi sebagai obat sesak nafas ?     
Saya pun menjawab jika salbutamol diindikasikan untuk penyakit asma dan begitupun juga efedrin sebagai obat asma. Efedrin juga diindasikan untuk dekongestan, selesma, dan alergi.
image

#Apa itu Efedrin ?
Efedrin merupakan turunan alkaloid yang dapat ditemukan pada tanaman genus ephedra. Efedrin juga dikenal dengan nama psudoephedrine dengan sedikit perbedaan pada efek samping dan mekanisme kerja.

# Bagaimana mekanisme kerja efedrin ?
Efedrin memiliki dua mekanisme kerja utama, pertama mengaktifkan reseptor alfa dan reseptor beta pasca sinaps terhadap noraedrenaline secara tidak selektif. Kedua bekerja dengan melepaskan dopamin dan serotonin dari ujung saraf.

# Apa indikasi Efedrin ?
a. Sebagai obat asma dengan jalan melegakan pernafasan. Hal ini karena sifat efedrin yang dapat mengaktifkan reseptor beta adrrnerhik yang ada di saluran    pernafasan ( bronkodilator).
b. Sebagai obat dekongestan dengan jalan melegakan hidung tersumbat (dekongestan). Hal ini karena sifat efedrin yang mengaktifkan reseptor alfa adrenergik pada pembuluh darah peeifer yang mengakibtkan vasokonstriksi. Namun pertimbangan keamanan obat efedrin sudah jarang dipakai sebagai dekongestan. Lebih banyak digunakan psudoephedrine yang lebih aman yang mekanisme hampir mirip dengan efedrin namun psudoephedrine lebih lemah pada    efek reseptor beta adrenergik.
adapun efedrin ini juga kadangkala disalahgunakan yakni pesta “narkoba” untuk bersenang-senang Dan juga sebagai dopping Bagi atlet, serta dapat menyebabkan ketergantungan.  Hal ini bisa terjadi karena mekanisme kerja dalam pelepasan dopamin dan serotonin. Dopamin dikenal sebagai neurotransmitter yang dapat menimbulkan kesenangan dan ingin mengulang ulang sehingga terjadi ketagihan. Begitupun juga serotonin yang dapat menimbulkan efek senang.   

Sebaiknya efedrin jangan diberikan pada penderita jantung(stroke, hipertensi),diabetes, cemas.
Itulah sedikit penjelasan dari saya, lebih detailnya mengenai pemakaian efedrin pada   pengobatan dapat berkonsultasi pada apoteker atau dokter.

About irsan_syarifuddin

PEKERJA BUMN KIMIA FARMA

Posted on December 6, 2013, in FARMASI. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: