Kenali obat anda : Metformin

Metformin tersedia dalam metformin HCl dosis sejumlah 500 mg. Metformin merupakan obat derivat senyawa biguanid yang merupakan obat anti diabetik oral. Lebih dari 40 tahun yang lalu berbagai derivat biguanid (misalnya metformin, phenformin, buformin) digunakan dalam berbagai negara untuk pengobatan diabetes tipe 2. Semuanya kecuali metformin telah dihapus dari pasar internasional di tahun 1970 karena terkait resiko tingkat asidosis laktat.

Gambar
Derivat biguanid mempunyai mekanisme kerja yang berbeda dengan obat derivate sulfonylurea, obat-obat tersebut tidak bekerja dalam perangsangan pelepasan insulin tapi langsung pada organ target.
Mekanisme metformin berupa efek antihyperglikemik masih belum sepenuhnya jelas, namun dapat dimediasi oleh aktivasi hati dan otot adenosin monophosphateactivated protein kinase, yang merupakan regulator utama metabolisme lipid dan glukosa.
Metformin memperbaiki kadar glukosa puasa dan postprandial selama toleransi pengujian glukosa oral, sedangkan respon insulin plasma menjadi glukosa tidak berubah atau mungkin akan menurun dalam pasien dengan hiperinsulinemia.
Efek utama metformin pada pasien dengan diabetes adalah untuk mengurangi produksi glukosa hepatik, terutama dengan menurunkan glukoneogenesis, tetapi mungkin juga, sebagai efek yang lebih rendah, meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot rangka.

Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah berbeda dari diabetes tipe 1 dalam arti bahwa kemudian terjadi kebanyakan di usia pertengahan yang bertentangan dengan mantan yang terjadi pada saat lahir atau di masa kecil. Selain itu, pada diabetes tipe 2 lemak, hati, dan sel-sel otot tidak merespon dengan benar terhadap insulin. Hal ini disebut resistensi insulin. Akibatnya, gula darah tidak masuk ke sel-sel yang akan disimpan untuk energy.
Meskipun ada banyak obat-obatan yang tersedia saat ini untuk pengobatan diabetes tipe 2, termasuk tipe zaman baru seperti Avandia, Amaryl, Actos, Januvia, Glucatrol, Prandia dan Starlix, metformin masih menjadi yang terbaik di antara obat-obatan untuk banyak alasan yang berbeda. Metformin telah di pasarkan selama lebih dari 15 tahun dan sekarang masih tetap menjadi salah satu obat pengobatan DM tipe 2 yang paling populer di kalangan masyarakat

Metformin HCL
Metformin HCL tidak hanya efektif dalam mengobati diabetes tipe 2 tapi tidak menyebabkan kenaikan berat badan sebagai efek samping. Obat benar-benar dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Karena sebagian besar pasien diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan dan obesitas, penurunan berat badan dengan metformin merupakan efek samping positif atau bonus tambahan dari obat ini. Untuk alasan ini, metformin kadang-kadang diresepkan untuk individu bahkan kelebihan berat badan dan obesitas untuk tidak hanya membantu mereka menurunkan berat badan tetapi juga mencegah mereka dari risiko terkena diabetes di masa depan.

About irsan_syarifuddin

PEKERJA BUMN KIMIA FARMA

Posted on September 30, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Apakah bs dimnm oleh org ygtdk m’drt diabetes tp hny utk menurunkan brt bdn?
    Atrn mnm?
    Apa ada efek smpngnya?
    Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: