RANAH 3 WARNA : Kekuatan sabar dalam mengarungi 3 Negara

Novel serial kedua dari Trilogi Negeri warna karya A.Fuadi baru saja saya tamatkan. Novel ini mencoba menceritakan sisi hidup seorang alif yang penuh lika-liku. Berawal dari mimpi nya dulu bersama “sahibul menara” yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Pada akhirnya biasa memenuhi semua impiannya. Walaupun keinginannya untuk masuk di jurusan penerbangan di ITB tidak tercapai dan juga kisah cintanya kepada seorang gadis bernama “Raisa” yang telah dia pendam tidak juga tersampaikan.
Berkata kegigihannya dalam belajar, Alif yang seorang lulusan pesantren berhasil masuk ke PTN pada pilihannya di Jurusan Hubungan Internasional UNPAD. Masalah pun muncul bertubi-tubi, mulai dari terbatasnya dana kuliyah dan biaya hidup si Alif begitu pelik ditambah beban hidup yang harus ditanggungnya sepeninggal Ayahnya yang telah meninggal.
Kata-kata mutiara “man jadda wa jada “ saja tidak cukup. Mantra “man Shabara zhafira” –lah yang juga menjadi penyemangat tersendiri bagi Alif dalam mengarungi hidupnya. Satu kalimat dalam bahasa arab yang berarti “siapa yang sabar akan beruntung”. Ya…, betullah kata-kata itu. Itulah yang coba dibuktikan oleh seorang Alif dalam kisah novel ini. Alif selalu bersabar dalam segala hal baik itu dikala senang, sedih, gembira, dan duka. Dia yakin di balik kesebarannya ini akan ada kebahagiaan di kemudian hari. Terbukti ketika akhirnya keinginannya ke luar negeri bisa tercapai,mulai dari transit di Yaman dan bertempat tinggal di Kanada.
Kisah cinta Alif pun tidak seindah mimpinya mendapatkan beasiswa ke Luar negeri dan mendapatkan pengahrgaan peserta terbaik dalam pertukaran pelajar di Kanada tersebut. Karena di ambang mimpinya untuk memberikan sepucuk surat buat sang pujaan itu tiba-tiba terhalangi oleh sahabatnya sendiri Randai yang lebih duluan mengucap janji tunangan kepada Raisa.
Mimpinya untuk kembali lagi ke Kanada itupun terwujud, yakni 11 tahun setalah kepulangan dari Kanada , dia pun kembali dengan label “Mahasiswa S2” di Amerika.

About irsan_syarifuddin

PEKERJA BUMN KIMIA FARMA

Posted on June 9, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: