MENYAMBUT HARDIKNAS

Mengkaji Kembali ada apa dibalik PP 66??

Hari ini kita  menyambut Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang jatuh pada tanggal 2 mei 2011. Moment perayaan ini tepat untuk menjadi upaya refleksi kembali pemerintah ( Dinas Pendidikan) untuk melihat kondisi pendidikan Indonesia saat ini yang masih bermasalah di sana-sini. Mulai dari sistem ujian nasional anak-anak SMP dan SMA baru-baru ini yang masih diwarnai dengan kecurangan, masih banyak anak-anak berusia 9 tahun putus sekolah dengan alasan tidak adanya biaya,  dan belakangan ini menjadi isu besar terutama di kampus kami yakni isu terkait PP 66 yang menjadi pengganti PP 17 tertuang dalam UU BHP yang telah dicabut oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam UUD 45 dijelaskan bahwa setiap warga negara berhak atas pendidikan di seluruh satuan pendidikan, mulai pendidikan dasar hingga tinggi, baik sekolah swasta maupun negeri. Namun UU Sisdiknas selama ini membuat pemerintah kurang mencerminkan penjaminan penuh hak masyarakat atas pendidikan. Oleh karena itu Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) harus diubah . Yang tak kalah menjadi isu hangat untuk kembali dipertnyakan adalah PP 66 tahun 2010.

PP yang resmi berlaku sejak ditetapkan pada 28 September 2010 ini berisi beberapa hal pokok, di antaranya tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tercantum dalam Badan Hukum Milik Negara (BHMN),  pengelolaan keuangannya harus tunduk pada UU Keuangan melalui Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PKBLU). Untuk menyesuaikan dengan penggunaan PKBLU, masih diperlukan masa transisi. Namun, diharapkan pada 31 Desember 2012 semuanya sudah selesai.

Dalam PP baru ini  disebutkan tentang kewajiban-kewajiban PTN dalam proses rekrutmen mahasiswa baru. Setiap perguruan tinggi minimal harus menerima 20% mahasiswa yang berkebatasan ekonomi, tetapi memiliki otak cemerlang. Sementara untuk penerimaan mahasiswa baru, ditetapkan 60% mahasiswa baru harus melalui seleksi nasional dan terhitung sejak 2011  sudah mulai dilaksanakan.

About irsan_syarifuddin

PEKERJA BUMN KIMIA FARMA

Posted on May 1, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: